oleh

Wahana China Sampai di Planet Mars, Susul Uni Emirat Arab

Beijing – Hanya selang sehari setelah wahana Hope milik Uni Emirat Arab sampai di orbit Planet Mars dengan selamat, giliran China berhasil mencapai Planet Merah itu dalam misi Tianwen-1.

Setelah melalui perjalanan selama sekitar 7 bulan dari Bumi dan menempuh jarak hampir 500 juta kilometer, wahana antariksa Tianwen-1 telah mencapai orbit Mars pada hari Rabu pukul 7.52 waktu setempat, berdasarkan pengumuman dari China’s National Space Administration (CNSA).

Ini adalah pertama kalinya China berhasil menyambangi Mars, seperti halnya Uni Emirat Arab. Sebelumnya, mereka fokus mengirimkan wahana penelitian ke Bulan. Tugas Tianwen-1 belum selesai karena misi utamanya adalah mendaratkan rover ke permukaan Mars.

Ilustrasi wahana China sampai di orbit Mars Foto: Global Times

Misi China ini mirip dengan Amerika Serikat yang juga akan mendaratkan rover Perseverance tak lama lagi. Sedangkan Uni Emirat Arab melakukan penelitian hanya di orbit Mars.

“Sukses mencapai orbit Mars dengan manuver kompleks, China menjadi negara keenam yang mengirimkan pesawat antariksa di orbit sekitar Mars, mengikuti Uni Soviet, Amerika Serikat, European Space Agency, India dan Uni Emirat Arab,” sebut Global Times.

Jadi setelah memasuki orbit, Tianwen-1 akan memulai proses untuk mendaratkan robot penjelajah (rover) ke permukaan Mars. Wahana pengorbit akan mulai proses pencitraan calon lokasi pendaratan yang sesuai di sekitar wilayah Utopia Planitia.

CNSA mengatakan proses persiapan ini akan memakan waktu yang lama, dan pendaratan baru akan dimulai pada bulan Mei.

Jika sukses mendarat rover seberat 240 kg yang dibawa Tianwen-1 akan menginvestigasi karakteristik tanah dan distribusi air es menggunakan instrumen Subsurface Exploration Radar. Rover China ini juga akan menganalisa komposisi material permukaan dan karakteristik iklim dan lingkungan permukaan Mars. (*)

Komentar